Cara Penanganan Burung Pleci saat “Gantangan”

Haloo bimg-20161202-wa0012uat kalian para pecinta dan penggemar burung Pleci, kali ini Mr.Pleci dibantu oleh https://www.facebook.com/widi.vespadhjarangadat memberikan tips Cara Penanganan Burung Pleci saat “Gantangan” spesial buat kaliyan semuanya.

Gaes pernah gak kaliyan merasakan ketika burung Pleci kaliyan tidak mau “koar-koar” dan “nagen” di lapangan?

Dan Jangan terburu-buru buat posting dulu di bursa apalagi sampai SOLD OUT, (kecuali kalau kepepet sih),hehehe

Dan kali ini mrpleci akan memberikan tips spesial buat kaliyan,agar burun Pleci kaliyan ketika di gantangan jadi fokus perhatian karena perfomanya….!

 

Cara Penanganan Burung Pleci saat “Gantangan”:

 

  1. Lompat2 ( gak nagen )
  • Biasanyaterjadi pada Pleci yang belum mapan dari segi mental atau belum mapan di lapangan. Baik pada awal lomba atau pertengahan, solusinya  lebih seringlah ajak jalan-jalan ke lapangan atau di trek dengan Pleci punya kawan.
  • Bisajuga karna kurang kenyang, bahkan bisa terjadi di saat pertengahan lomba kenyangnya hilang dan laparpun datang sehingga lompatpun tak terhindarkan, solusinya pastikan Pleci anda kenyang ya Gan..
  • Lompat dan bunyi tapi sambil nempel di ruji dapat di pastikan tangkringanya gk cocok tu gan, solusinya coba di ganti tangkringannya sampai benar-benar tidak bunyi di ruji
  1. Di rumah koar-koar isian sekebon keluar giliran d gantangan kumur2
  • Disebabkan karena belum siap mental atau masih kurang birahinya ( belum pas top perform ) solusinya sering-seringlah dibawa ke event gantangan dan soal birahi bisa juga pakai doping.
  1. Bunyinya telat
  • Disebabkan kurang pemanasan sesaat sebelum lomba di mulai, solusinya setelah di beri pakan sampai kenyang dan di bunyikan dulu sendri, kira-kira lima menit sebelum gantang dimulai.
  1. Ngedidis ( dandan )
  • Kadangsuka terlalu awal di naikan ke gantangan sehingga Pleci dandannya belum puas udah di gantangin.
  1. Ngelepeerrrrrrr
  • Disebabkan karena ada Pleci yang masih muda di dekatnya apalgi masih kuning banget
    baik itu Pleci atau jenis burung Pleci lainnya seperti kolibri dll…solusinya ambil pulut atau kandang jebak,heheheheh piece gan,,
  • Birahi Pleci yang terlalu tinggi,solusinya coba kaliyan setiing ulang dan “oprek-oprek” lagi sampai dengan settingan yang pas dan jangan smpai ketinggian.
  1. Gagu / Diam saja (membisu)
  • Disebabkan karena Pleci sudah terlalu kekenyangan dan akhirnya tidak mau “ngoceh”. Solusinya pilih pakan yang pas untuk Pleci Anda dan berikan porsi makan yang pas

Catatan : Perilaku dan karakter Pleci saat di gantangan masing-masing berbeda, hanya tinggal kita selaku pemilik Pleci lebih cepat dan tanggap dengan apa permasalahan  dan solusinya. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui karakter Pleci kita agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan saat lomba/gantangan.

Semoga bermanfaat, dan mohon maaf apabila ada yang salah, jika dirasa masih kurag silahkan untuk di tambahkan dikolom komentar.

Postingan ini atas bentuk kerjasama mrpleci  bersama https://www.facebook.com/widi.vespadhjarangadat

 

Terimakasih

Mr.Pleci with PLETOK TEAM–

 

 

Facebook Comments