Seluk-beluk perawatan burung pleci untuk pemula

Banyak kicaumania pemula yang belum berhasil merawat pleci seperti yang diharapkannya. Silakan dicek apakah perawatan yang dilakukan selama ini sudah benar. Anda juga tak perlu ragu meniru beberapa tips perawatan dari rekan plecimania lainnya yang telah membuahkan hasil. Berikut ini seluk-beluk perawatan burung pleci untuk pemula, yang dihimpun dari sejumlah plecimania dan bisa menjadi referensi bersama.

Salah satu tantangan dalam merawat burung kicauan, termasuk pleci, adalah bagaimana membuat burung tetap menampilkan lagu dan nyanyiannya setiap hari. Untuk mendapatkan burung dengan kriteria seperti itu, diperlukan perawatan rutin yang dikenal sebagai perawatan harian.

Perawatan harian ini mencakup pemberian pakan dan air minum,  mandi dan penjemuran, menjaga kondisi kesehatan sekaligus mengobatinya jika sakit, dan sebagainya.

Pleci atau kacamata adalah burung yang popular dan banyak dipelihara kicaumania di sejumlah negara di Asia. Sifat, karakter, dan suara kicauannya yang unik membuat banyak penggemar burung tertarik untuk memeliharanya.

Salah satu target yang ingin dicapai adalah bagaimana membuat pleci dalam kondisi buka paruh, sebutan untuk pleci yang mampu bersuara dengan lantang. Bagi plecimania yang suka turun ke lapangan, target lainnya adalah bagaimana pleci bisa buka paruh dan menjadi yang terbaik.

Berikut ini beberapa karakter pleci yang perlu Anda ketahui:

  • Pleci yang masih muda dan sudah berusia tua biasanya ditentukan dari ketebalan lingkaran putih pada matanya, atau dari kakinya yang bersisik.
  • Seperti lovebird, pleci sangat menyukai merobek-robek kertas sebagai tanda telah siap kawin.
  • Sering-sering berinteraksi dengan pleci yang baru dibeli dan juga sering memandikannya.
  • Bawa pleci jalan-jalan untuk berinteraksi dengan alam dan udara segar, guna menstabilkan “mood‘ atau suasana hatinya.

Selanjutnya, beberapa hal di bawah ini  dapat menjadi panduan perawatan harian untuk mengkondiskan pleci Anda agar tetap stabil dan rajin bunyi, yang bisa merangsangnya untuk cepat buka paruh. Sebagian besar materi berasal dari sgmataputeh.

Artikel diambil dari: https://omkicau.com/2014/06/06/seluk-beluk-perawatan-burung-pleci-untuk-pemula/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*